jump to navigation

Selesai Juga Perpanjang Paspor Hijau Juli 3, 2012

Posted by ybandung in Serba-Serbi Pribadi dan Kegiatan.
Tags: , ,
trackback

Setelah mengambil formulir dan membeli map untuk perpanjangan paspor pada 2 Juni lalu, pada tanggal 22 Juni saya menyampaikan berkas pengajuan perpanjangan. Kunjungan kedua ini sebentar saja, hanya 5 menit karena begitu datang langsung dapat antrian tanpa menunggu. Kemudian berkas disampaikan dan pemohon diberi surat tanda terima dengan informasi datang berikutnya pada tanggal 27 Juni tentunya untuk pembayaran, foto dan sidik jari, serta tanda tangan dan wawancara.

20120622_091203

:: Suasana di Kantor Imigrasi Kota Bandung ::

Pada kunjungan ketiga yaitu tanggal 27 Juni, pukul 06.30 pagi saya sudah tiba di Kantor Imigrasi. Padahal kantor baru dibuka pukul 07.15. Tapi sudah antri di depan pintu. Pada pukul 07.15 pintu dibuka dan para pemohon dapat mengambil nomor antrian untuk pembayaran, foto dan wawancara. Saya pun mendapat nomor antrian 02 hehe. Akhirnya jam 08.00 pun sudah selesai dan diminta untuk mengambil paspor pada tanggal 3 Juli.

Pada kunjungan keempat yaitu 3 Juli 2012, paspor diambil. Prosesnya sebentar saja, 5 menit. Selesai.

Komentar»

1. Joseph Bangsawan - Agustus 1, 2012

Paspor Indonesia sejak dulu berwarna hijau. Ada dua macam paspor yaitu paspor 48 halaman yaitu paspor umum untuk bepergian ke luar negeri dan ada paspor 24 halaman untuk Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Ada juga SPLP yaitu Surat Perjalanan Laksana Paspor yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang hilang paspor di luar negeri atau yang dicabut paspornya oleh Imigrasi di KBRI dan agar dapat kembali ke Indonesia diberikanlah SPLP. Paspor dalam Undang-Undang keimigrasian lazim disebut dengan SPRI atau Surat Perjalanan Republik Indonesia dan berlaku 5 tahun. Selain paspor berwarna hijau ada juga paspor berwarna biru yaitu Paspor Dinas yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri untuk perjalanan dinas.

ybandung - Agustus 2, 2012

Terima kasih atas penjelasannya Pak Joseph.

2. Mengurus Paspor Dinas (Paspor Biru) untuk Pengajuan Visa ke Siprus | Yoanes Bandung & Activities - Februari 27, 2014

[…] mengurus Paspor Dinas tidaklah semudah membuat Paspor Umum seperti pengalaman saya di sini dan di sini. Berikut ini adalah proses yang saya lakukan untuk pengajuan Paspor […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: