jump to navigation

Kelas Hari Ini .. September 12, 2012

Posted by ybandung in Perihal Pendidikan dan Pengajaran.
trackback

Kelas hari ini .. adalah EL3092 Pengolahan Sinyal Digital;

Adalah pertemuan di minggu ketiga atau pertemuan ke-5 dimulai pada pukul 07.00 yang baru dihadiri oleh 5 peserta dari 40 peserta yang terdaftar. Jam kuliah dibagi menjadi sesi-sesi sbb.:

  1. Sesi 1 – Pengantar (10 menit). Mengingatkan peserta untuk memantau kemajuan pembelajaran dengan mengisi Lembar Laporan Belajar khususnya Bab 1 yang terdiri dari 12 tujuan pembelajaran. Karena sudah mengikuti Post-test 1, seharusnya semua tujuan pembelajaran sudah tercapai. Peserta diberi waktu 5 menit untuk memberikan check-list pada Lembar Laporan Belajar Bab 1. Dari pengamatan beberapa sampel, peserta telah menguasai 12 kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran Bab 1.
  2. Sesi 2 – Penjelasan Materi (60 menit). Diisi dengan pembahasan ulang teknik interpolasi sinyal analog dari sinyal digital melalui rekonstruksi ideal (fungsi sinc). Dilanjutkan dengan materi Bab 2 yaitu Sinyal dan Sistem Waktu Diskrit yang mencakup representasi sinyal, pengenalan sinyal-sinyal dasar/elementer, prinsip dasar complex variable, sinyal energi dan sinyal daya, dan sinyal simetrik dan asimetrik. Dosen mengajak peserta untuk aktif dengan cara menunjuk beberapa peserta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pancingan. Cukup menggembirakan karena beberapa peserta terlihat siap dengan materi hari ini, berarti peserta telah mempelajari materi sebelum perkuliahan.
  3. Sesi 3 – Penjelasan Cara Belajar (10 menit). Peserta diajak kembali untuk membuka Lembar Laporan Belajar khususnya Bab 2. Bahwa penjelasan materi yang baru saja diberikan adalah untuk menyasar 7 tujuan pembelajaran pada Bab 2, dari 19 tujuan yang harus dikuasai pada hari ini. Peserta diingatkan bahwa diperlukan inisiatif peserta untuk proaktif belajar dan belajar sesuai dengan panduan mengingat tidak semua tujuan pembelajaran dapat tercapai melalui penjelasan oleh dosen karena banyaknya materi yang harus dipelajari.
  4. Sesi 3 – TBK (20 menit). Pada 20 menit terakhir peserta diberikan lembar TBK 2 yang berisi soal-soal latihan untuk dikerjakan secara berkelompok. Peserta diberi kesempatan untuk saling berdiskusi dan juga bertanya kepada dosen. Sesi ini juga diisi dengan pendekatan personal kepada beberapa peserta untuk menggali efektivitas pembelajaran. Juga, dosen mengingatkan peserta untuk memperhatikan lebih pada beberapa tujuan pembelajaran termasuk sifat-sifat sinyal waktu diskrit, analisis LTI, konvolusi respons impuls, dan stabilitas sistem LTI.
Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: