jump to navigation

Kesalahan Umum Tugas Makalah Ilmiah Oktober 15, 2012

Posted by ybandung in Perihal Pendidikan dan Pengajaran, Perkuliahan, Tutorial dan Laboratorium.
Tags: ,
trackback

Setelah mengoreksi tugas makalah II5160 yaitu Jaringan Informasi untuk kelas magister opsi CIO/LTI dengan mengambil tema “identifikasi kebutuhan layanan teknologi informasi dan arsitektur jaringan di instansi masing-masing, beberapa kesalahan umum dari tugas adalah sebagai berikut:

Tata Tulis dan Kerapian

1. Format Penulisan

Tugas wajib ditulis dengan menggunakan format IEEE yang terdiri dari dua kolom, font Times New Roman dengan ukuran 10 untuk isi, spasi 1 untuk antar kalimat, dst. Namun demikian masih ditemukan beberapa pekerjaan yang tidak menggunakan format tersebut sehingga dengan mudah dapat dikenali misalnya dari penggunaan font yang berbeda, ukuran font dan spasi antar kalimant yang tidak sesuai, dll.

2. Penulisan Paragraf

Beberapa mahasiswa membangun paragraf terkesan tanpa perencanaan. Hal ini terlihat dari paragraf-paragraf yang ditulis hanya dengan satu kalimat saja. Paragraf seharusnya terdiri dari beberapa kalimat yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Selain itu, koherensi antar kalimat perlu dibangun supaya setiap paragraf membentuk sebuah cerita yang runut.

Sebuah paragraf berkesan komprehensif pembahasannya yang ditunjukkan dengan banyaknya kalimat dalam suatu paragraf. Namun setelah dibaca ternyata paragraf tersebut kurang bermakna/berbobot.

3. Penulisan Kalimat

Ditemui kalimat yang tidak mengandung unsur dasar S-P (Subyek dan Predikat), sehingga tidak layak untuk disebut sebagai suatu kalimat yang merupakan bagian dari sebuah paragraf. Juga ditemukan sebuah kalimat yang terlalu panjang yaitu 11 baris sehingga malah membuat pembaca kesulitan menangkap makna kalimat tersebut. Berapa ya jumlah kata maksimum dari sebuah kalimat pada umumnya?

4. Penulisan Kata

Dijumpai penulisan kata yang salah, di antaranya adalah standart, dintentukan, layananan, objek, dst.

Tips: Setiap peserta agar saling bertukar pekerjaan dengan rekannya untuk memeriksa pekerjaan masing-masing, sehingga kesalahan penulisan kata akan dapat diminimalisir.

5. EYD

Kesalahan penggunaan tanda baca dapat ditemukan di hampir setiap pekerjaan mahasiswa, khususnya penggunaan tanda titik, tanda koma, dan tanda titik koma. Kesalahan penggunaan tanda spasi merupakan kesalahan yang paling banyak ditemukan. Seyogyanya mahasiswa mempelajari kembali EYD Bahasa Indonesia. Beberapa kesalahan adalah sebagai berikut:

  1. “disini”, seharusnya “di sini”
  2. “sebagai berikut : “, seharusnya “sebagai berikut: “
  3. “disamping”, seharusnya “di samping”

Penggunaan istilah asing juga perlu dikurangi sehingga tidak dijumpai banyak kata yang ditulis dengan huruf miring (italic). Misalnya kata “di-update” dapat diganti dengan “diperbaharui”, “system” diganti “sistem”, “computer” diganti “komputer”, dst.

6. Kerapian Penulisan

Kerapian penulisan merupakan hal yang sangat penting di dalam penulisan dokumen ilmiah. Beberapa kesalahan yang ditemukan:

  1. Beberapa paragraf di dalam satu karangan tidak menggunakan rata kanan dan kiri (justify
  2. Penggunaan spasi antar kalimat yang berbeda-beda antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lain
  3. Penggunaan spasi antar paragraf yang berbeda-beda

Etika Penulisan

Tulisan ilmiah mutlak dilengkapi dengan daftar referensi yang digunakan sebagai acuan dalam membangun isi tulisan.

1. Penggunaan Kutipan

Sebuah paragraf paling tidak terdiri dari sebuah pokok pikiran yang dituangkan ke dalam kalimat inti dan diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Kalimat penjelas dapat berupa fakta atau argumen. Fakta/argumen yang diambil dari hasil karya orang lain harus dilengkapi dengan kutipan dari sumber yang tertera dalam daftar referensi.

Penulis harus menuliskan kembali fakta/argumen dari sumber lain dengan cara menulis dengan bahasa sendiri dan harus setepat mungkin. Tidak boleh ada bagian inti dari fakta/argumen sumber yang dihilangkan.

2. Penggunaan Gambar/Grafik/Tabel

Gambar atau Grafik atau Tabel yang diambil idenya dari sumber lain tidak boleh di-copy paste. Penulis harus menggambar/membuat sendiri dan diberikan kutipan dari sumber.

–end–

Iklan

Komentar»

1. CIO LTI 2012 - Oktober 15, 2012

Pak Bandung, terima kasih banyak telah menyempatkan memeriksa secara teliti dan rinci semua tulisan kami. Masukannya sangat berharga untuk perbaikan di masa mendatang. Salam

2. U. Saefudin Suryadi - November 11, 2012

Terlepas dari banyaknya kesalahan yang terjadi dalam pembuatan makalah, saya menyampaikan banyak terima kasih atas segala masukannya. Dengan catatan koreksi yang saya terima, saya merasa tugas yang saya buat begitu dihargai untuk selalu menjadi lebih baik. Sekali lagi terima kasih banyak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: