jump to navigation

Perpanjang STNK 5 Tahun di Samsat Bandung Barat Januari 3, 2013

Posted by ybandung in Serba-Serbi Rumah dan Kelengkapan.
trackback

Baru sadar kalau STNK sepeda motor telah habis sejak bulan Oktober 2012 dan mesti memperpanjang STNK 5 tahun yaitu perpanjang STNK, bayar pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan, dan ganti plat. Karena perpanjang STNK 5 tahun tidak dapat dilakukan di Outlet Samsat, pagi hari ini saya meluncur menuju Samsat Bandung Barat di Jalan Pajajaran.

Turun dari Jembatan Pasupati di Pasteur, saya membelokkan sepeda motor masuk ke Makam Kristen Pandu dan langsung keluar di Jalan Pandu dan tidak lama kemudian telah sampai di Kantor Samsat. Saya langsung memarkirkan kendaraan di halaman dalam agar memudahkan cek fisik kendaraan oleh petugas.

1. Pertama-tama, saya mengambil formulir perpanjangan STNK 5 tahun dengan menyerahkan fotokopi BPKB, STNK asli dan KTP asli. Saya menyerahkan BPKB asli namun dikembalikan oleh petugas. Tidak dipungut biaya.

2. Berikutnya saya diminta untuk melakukan cek fisik kendaraan dengan petugas di halaman kantor yang berbaju orange. Dengan ramah petugas membantu proses gesek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Tidak dipungut biaya.

20130103_081347

:: Petugas melakukan cek fisik kendaraan dengan menggesek nomor rangka dan nomor mesin ::

3. Formulir yang telah ditempel hasil gesek nomor rangka dan nomor mesin diminta untuk dilengkapi oleh pemohon yaitu data-data yang semuanya ada di STNK dan ditandatangani oleh pemohon. Berikutnya form tersebut dimintakan pengesahan oleh petugas polisi di depan loket cek fisik kendaraan.

4. Selanjutnya formulir berikut dengan kelengkapannya dimasukkan ke loket cek fisik kendaraan. Sepertinya di sini dilakukan pemeriksaan dan pengesahan akhir cek fisik kendaraan. Sampai di sini hanya perlu waktu sekitar 15 menit.

5. Formulir dimasukkan ke Loket D di ruang loket utama. Selanjutnya pemohon diminta untuk menunggu panggilan pembayaran. Proses ini memakan waktu paling lama di antara proses-proses sebelumnya, sekitar 30 menit.

20130103_082900

:: Menunggu panggilan untuk melakukan pembayaran di Loket Pembayaran STNK 5 Tahun ::

6. Membayar biaya perpanjangan STNK 5 tahun yang terdiri dari biaya PKB 147.000 plus denda terlambat 3 bulan (2% per bulan) sebesar 8.900, SWDKLLJ 35.000 plus denda terlambat 32.000, biaya adm STNK 50.000, biaya adm. TNKB 30.000, sehingga total yang harus dibayar adalah 302.900 rupiah.

7. Setelah membayar saya menunggu STNK di Loket Pengesahan STNK di samping Loket Pembayaran. Hanya 5 menit.

8. Mengambil plat baru di Loket Pengambilan Plat. Pemohon menyerahkan fotokopi STNK atau lembar ketiga yang baru saja diserahkan oleh Loket Pengesahan STNK. Pemohon dipanggil untuk mendapatkan plat baru. Perlu waktu 10 menit saja.

20130103_091239

:: Menunggu panggilan untuk mendapatkan plat baru ::

9. Proses selesai, satu jam di Kantor Samsat sudah bisa membawa pulang STNK dan plat motor baru.

Komentar»

1. asep dj - Desember 26, 2014

STNK saya habis tgl 28 desember 2014 kbetulan tanggal 28 jtuh pda hri minggu,, seandainya saya byar tanggal 29 kna denda tdak?
trus skarang samsat bdg brat msih di wstu kncana pa dah pndah lgi ke jln pjajaran….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: