jump to navigation

Mengurus Paspor Dinas (Paspor Biru) untuk Pengajuan Visa ke Siprus Juli 1, 2013

Posted by ybandung in Penelitian Post-Doc dan Serba-Serbi, Serba-Serbi Pribadi dan Kegiatan.
trackback

Pada awal bulan Juli 2013, saya mulai mengurus Paspor Dinas (atau Paspor Biru) untuk menindaklanjuti diterimanya beasiswa Post-Doctoral dari Erasmus Mundus STRoNG-TiES Project di Frederick University, Cyprus. Sehubungan dengan pembiayaan yang sepenuhnya ditanggung oleh Uni Eropa, sebetulnya saya dapat menggunakan Paspor Umum atau dikenal sebagai Paspor Hijau. Namun atas beberapa masukan dan juga untuk menambah pengalaman memiliki Paspor Dinas, saya pun mencoba untuk mengajukan aplikasi Paspor Dinas.

Kalau membaca dokumen yang saya download dari Internet, sebetulnya yang menarik dengan Paspor Dinas adalah pemberian bebas visa di beberapa negara tertentu. Dengan bebasnya visa, berarti lebih mempermudah karena tidak perlu lagi mengurus visa ke Kedutaan/Konsulat Negara tujuan. Sementara, negara tujuan saya adalah Siprus (Republic of Cyprus) yang tidak masuk di daftar Bebas Visa Kementerian Luar Negeri RI untuk Pemegang Paspor Diplomatik/Dinas.

Saya telah mempersiapkan diri bahwa mengurus Paspor Dinas tidaklah semudah membuat Paspor Umum (Paspor Hijau) seperti pengalaman saya di sini dan di sini. Berikut ini adalah proses yang saya lakukan untuk pengajuan Paspor Dinas:

  1. Mengisi Form Paspor Dinas yang saya peroleh dari Fakultas yang terdiri dari i) Form Daftar Riwayat Hidup untuk Tugas ke Luar Negeri, ii) Form Permohonan Paspor Diplomatik/Dinas, iii) Form Permohonan Perpanjangan Paspor Diplomatik/Dinas-Exit Permit-Rek-Visa, yang juga dilengkapi dengan beberapa lembar Pasphoto 4×6 dengan porsi wajah/muka sekitar 80% dari keseluruhan bidang gambar.
  2. Dokumen yang juga diperlukan adalah semacam Confirmation of Status dari pihak pemberi beasiswa yang menjelaskan bahwa program tersebut sepenuhnya ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa. Dokumen dalam bentuk softcopy saya peroleh secara langsung dari pihak pemberi beasiswa, sementara dokumen aslinya dikirimkan kepada rektorat dan saya mendapatkan tembusannya yang berupa fokokopi.
  3. Form-form yang telah diisi tersebut berikut dengan dokumen nomor 2 diajukan ke Fakultas dilampiri dengan Surat Pengantar dari Ketua KK (Kelompok Keilmuan).
  4. Berikutnya proses pembuatan Paspor Dinas ditangani secara kolektif oleh Bagian Kepegawaian di Fakultas. Yang saya ketahui kira-kira sebagai berikut:
    1. Berkas yang dilampiri dengan Surat Pengantar dari Dekan selanjutnya diajukan ke Direktorat Kepegawaian Universitas untuk mendapatkan surat pengantar dari Wakil Rektor Sumberdaya dan Organisasi (WRSO) untuk pengajuan pembuatan Paspor Dinas ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    2. Setelah mendapatkan lampu hijau dari Rektorat yang berupa dua surat yang ditujukan kepada i) Direktorat Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang beralamat di Gedung D Kemdikbud Lantai 5 dan ii) Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BKLN), Pihak Fakultas kemudian membawa berkas pengajuan Paspor Dinas ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    3. Berikutnya BKLN akan mengurus lebih lanjut pembuatan Paspor Dinas. Pihak Fakultas berkomunikasi dengan Staf yang ditunjuk oleh Kemdikbud. Dokumen yang ditunggu adalah sebagai berikut:
      1. Surat Persetujuan Penugasan ke Luar Negeri yang diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI
      2. Surat Rekomendasi Pengurusan Visa dari Kementerian Luar Negeri
      3. Paspor Dinas (Paspor Biru) yang dilengkapi dengan Cap/Stiker Exit Permit yang menyatakan batas waktu yang diijinkan untuk keberangkatan ke luar negeri (biasanya berlaku untuk satu kali keberangkatan dan berlaku dua bulan sejak dikeluarkannya Exit Permit)

Sebagai catatan: Proses tersebut di atas adalah proses umum di Fakultas saya. Mungkin hal tersebut akan berbeda dengan Fakultas lain atau Universitas lain.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: