jump to navigation

Hari 1: Tes Kesehatan (Medical Check Up) untuk Pengajuan Visa ke Cyprus Juli 25, 2013

Posted by ybandung in Penelitian Post-Doc dan Serba-Serbi.
Tags: ,
trackback

Setelah diberi link persyaratan mengurus visa ke Cyprus oleh kontak saya di Cyprus, secara paralel saya mengurus ketiga dokumen pertama yakni i) valid travel document, ii) criminal record, dan iii) medical certificate. Sementara dua dokumen pertama sudah dalam proses, pada hari ini saya mulai memproses surat keterangan sehat di RS Hasan Sadikin Bandung. Terakhir kali saya mengurus surat kesehatan adalah ketika mengurus pengangkatan PNS tahun 2010 lalu. Begini prosedur yang saya lalui:

  1. Jam 08:00 pagi saya sudah tiba di RSHS dan langsung menuju loket pendaftaran. Berbekal kartu berobat yang masih saya miliki, saya menginput nomor pendaftaran untuk bagian umum. Tidak lama dipanggil ke Loket 9, saya diminta membayar 25.000 melalui loket Bank Mandiri dan diberikan form biru untuk dibawa ke ruang MCU.
  2. Di ruang MCU, saya menyampaikan kebutuhan akan Medical Certificate termasuk di antaranya adalah tes Hepatitis B dan C, AIDS/HIV, Syphilis, dan X-ray untuk Tuberculosis. Petugas menjelaskan biaya-biaya yakni ada biaya paket dasar sebesar 543.500 ditambah dengan beberapa yang belum tercakup yakni Hepatitis C, AIDS/HIV, dan Syphilis. Kemudian saya dirujuk ke Laboratorium dan Unit Radiologi.
  3. Setelah menyerahkan dua form pemeriksaan (warna biru) dari MCU, satu form diminta untuk ke Klinik Teratai di Gedung Unpad depan RSHS untuk pemeriksaan HIV. Saya diminta untuk membayar 618.000 dan diberi tiga kartu: i) Kartu untuk Test Urine di R-1, Kartu untuk Test Darah di R-5, dan Kartu untuk EKG di R-7. Saya pun menjalani ketiga test tersebut.
  4. Berikutnya ke Unit Radiologi, langsung daftar dan membayar biaya 85.000. Tidak lama kemudian saya dipanggil masuk ke R-3 untuk pengambilan foto dada. Diminta buka baju dan dipersilakan berdiri di depan kamera X-ray sambil dibantu positioning oleh petugas. Baru juga diminta tarik napas, tahu-tahu petugas bilang “Yak, selesai! Besok diambil Pak dengan menunjukkan bukti pembayaran via loket Mandiri”. Selesai.
  5. Berikutnya lagi menuju ke Klinik Teratai di Gedung Unpad. Daftar dan mengisi semacam lembar persetujuan untuk pemeriksaan HIV, saya dipersilakan masuk ke ruangan untuk wawancara/pengisian form. Karena sudah diambil darah di RSHS, saya langsung dipersilakan untuk mengurus administrasi sebesar 100.000. Hasil dapat diambil besok.
  6. Pukul 10:00 kurang atau tidak sampai dua jam, saya telah selesai menjalani pemeriksaan dan tinggal mengambil hasilnya besok.

Nb. Jam buka loket pendaftaran RSUD Dr. Hasan Sadikin Bandung: Senin-Kamis jam buka 07;15-14:00, istirahat 12:00-13:00 dan Jumat buka 07:15-14:00, istirahat 11:30-13:00.

 

Komentar»

1. Yohanes Marjudin - Juli 26, 2013

Saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih Pak Bandung sehingga terpilih meningkatkan pendidikan di Cyprus, semoga semuanya berjalan lancar.

ybandung - Agustus 15, 2013

Terima kasih banyak Pak Marjudin. Mohon doa restunya Pak.

2. muti - Mei 31, 2014

Selamat siang pak. Saya ucapkan selamat atas prestasi yang bapak raih. Pak, saya mau tanya. Saya juga akan melakukan medical check up untuk keperluan study ke luar. Jadi total biaya untuk medcheck di RSHS berapa ya pak? kalau melihat cerita bapak diatas, cukup mahal juga ya pak biayanya. Status saya sekarang masih mahasiswa, apakah bisa mengajukan keringanan biaya?

ybandung - Juni 1, 2014

Selamat siang Mba Muti,

Terima kasih banyak atas ucapan selamatnya. Di RSHS Bandung terdapat layanan medical chek-up (MCU) paket dasar yang umum dipergunakan untuk pengajuan visa ke luar negeri yaitu seharga Rp 543.500.

Dari dokumen persyaratan pengajuan visa ke Siprus, rupanya ada permintaan untuk pemeriksaan (maaf kalau agak tabu, supaya lebih jelas) Hepatitis C, AIDS/HIV, dan Syphilis. Setelah saya berkonsultasi dengan petugas di ruang MCU RSHS Bandung, rupanya ketiga jenis test tersebut belum tercakup di dalam paket dasar untuk keperluan visa. Karenanya, saya memesan layanan pemeriksaan paket dasar ditambah dengan biaya pemeriksaan untuk ketiga jenis penyakit tambahan tersebut. Totalnya sekitar Rp 828.000. Kalau tidak salah ingat dan belum saya catat, pada bagian akhir saya juga membayar biaya analisis hasil tes oleh dokter MCU sebesar Rp 80.000.

Untuk pengajuan keringanan, silakan ditanyakan lebih lanjut ke pihak-pihak terkait ya. Kalau ternyata tidak berhasil mengajukan keringanan biaya, saya besarkan hati Anda bahwa kesempatan meneruskan studi di luar negeri adalah jauh sangat berharga dibandingkan dengan biaya pemeriksaan laboratorium untuk keperluan visa. Semoga sukses meraih impian dan cita-cita.

Salam semangat,
Bandung


Tinggalkan Balasan

