jump to navigation

Mengurus Police Record untuk Pengajuan Visa ke Cyprus Agustus 1, 2013

Posted by ybandung in Penelitian Post-Doc dan Serba-Serbi.
trackback

Salah satu dokumen yang harus saya urus untuk pengajuan visa student ke Siprus adalah Criminal Record atau Police Record yang ditulis dalam Bahasa Yunani atau Bahasa Inggris. Berbekal pengalaman mengurus surat sejenis yakni SKCK dan membaca di Internet, saya mulai mengurus dokumen sebagai berikut:

  1. Meminta surat keterangan RT/RW sesuai dengan KTP, sampai mendapatkan Surat Pengantar untuk Mendapatkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kelurahan dengan cap dari Kecamatan.
  2. Mengajukan Rekomendasi Surat Keterangan Catatan Kepolisian ke Polsek sesuai KTP, dengan lampiran Surat Pengantar Kelurahan, Foto Berwarna 4×6 2 buah, dan membayar 10.000,-
  3. Mengajukan Rekomendasi ke Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka 18-20 Bandung,
    • Terlebih dahulu melakukan sidik jari, mengisi formulir yang disediakan dengan dilampiri Surat Rekomendasi dari Polsek, fotokopi KTP dan foto, dan membayar 10.000,-
    • Ke Loket SKCK dan diminta mengisi Daftar Pertanyaan SKCK dan Kartu TIK.
  4. Masih di Polrestabes di Loket SKCK, kedua form isian disampaikan berikut Surat Rekomendasi dari Polsek yang dicap dengan Rumus Sidik Jari, fotokopi Paspor, dan membayar … saya lupa berapa angkanya (tidak lebih dari 25.000,-). Diminta dua hari kerja berikutnya untuk mengambil dan dibawa ke Polda.
  5. Setelah mengambil Rekomendasi dari Polrestabes, saya membawanya ke Polda Jawa Barat di Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung.
    Proses di sini lebih mudah dibandingkan dengan di Polrestabes dan dapat selesai kurang dari 1 jam tergantung jumlah antrian pemohon. Menyerahkan Rekomendasi dari Polrestabes, dilampiri fotokopi  KTP, fotokopi Paspor, fotokopi KTP/KK dan mungkin juga fotokopi Akta Kelahiran (agak lupa), dan pasfoto berwarna 4×6 sebanyak 3 buah, dan membayar 10.000,-
  6. Selesai.
Iklan

Komentar»

1. Joseph Bangsawan - September 19, 2013

Tambahan informasi untuk pembuatan SKCK.. SKCK yang telah dibuat di Kantor Kelurahan, dapat langsung dibuatkan rekomendasinya dari Polsek tanpa melalui kecamatan. Khusus untuk SKCK untuk pemohon visa, Kantor Polsek hanya menerbitkan Surat Rekomendasi bukan SKCK dan setelah mendapat rekomendasi dari Polsek dapat langsung dibuat ke Polda Jabar dan sidik jari bisa dibuat dan dirumus di bagian Identifikasi di Polda Jabar dan dapat ditunggu hanya beberapa puluh menit saja. Untuk foto diperlukan foto ukran 4 X 6 sebanyak 3 lembar dengan latar merah untuk SKCK dan 2 lembar untuk sidik jari. Di Polda Jabar dibuat di Bagian Yan Mas dengan Ibu Yossy atau Bapak Moko. dan bisa ditunggu. Biasanya tidak semua pemohon visa diminta SKCK, hanya negara tertentu dan visa permanen Residen yang diperlukan SKCK. Beberapa negara seperti Taiwan memninta SKCK yand diterbitkan oleh Mabes Polri. Untuk pembuatan di Mabes Polri, SKCK dari Polda Jabar dapat langsung dibuatkan ke Mabes Polri dan itupun bisa ditunggu. Semoga infortmasi tambahan dapat bermanfaat.

ybandung - September 20, 2013

Terima kasih banyak Pak Joseph, berarti saya mengurus surat pengantar kelurahan untuk ke polsek terlalu berlebihan ya karena sampai minta cap di kecamatan hehe. Dan ternyata untuk ke Polda dapat langsung membawa surat rekomendasi dari Polsek setempat, tidak perlu melalui Polrestabes.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: