jump to navigation

Jakarta ke-1: Legalisir Medical Certificate dan Police Record ke Kementerian Hukum dan HAM September 17, 2013

Posted by ybandung in Penelitian Post-Doc dan Serba-Serbi.
trackback

Untuk melengkapi dokumen pengajuan visa ke Cyprus dan sesuai petunjuk dari Konsulat Jenderal Cyprus di Jakarta, pada hari Selasa, tanggal 17 September 2013 saya membawa Medical Check Up Report dari RSUD Dr. Hasan Sadikin Bandung dan Police Record dari Polda Jabar ke Kantor Administrasi Hukum Umum (AHU), Kementerian Hukum dan HAM di Jalan H.R. Rasuna Said Kav 6-7, Kuningan, Jakarta untuk dilegalisir; yang selanjutnya akan dibawa ke Kemlu dan Konsulat Jenderal Cyprus untuk dilegalisir.

Setelah mengambil nomor antrian dan dipanggil ke Loket 11, saya diterima oleh petugas Sdr. Leli Susanti. Untuk Police Record dapat diterima untuk diajukan legalisasi, namun Medical Check Up Report tidak dapat diterima karena Kementerian Hukum dan HAM belum memiliki spesimen tanda tangan dan paraf dari dokter yang menandatangani Medical Check Up Report. Ada dua alternatif, i) membawa form dari Kementerian Hukum dan HAM untuk meminta spesimen tanda tangan, paraf, dan cap dari dokter dan rumah sakit yang menerbitkan Medical Check Up Report, ii) meminta legalisir dari notaris yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM namun harus dipastikan apakah negara Cyprus mengakui legalisir notaris.

Saya pun sementara memasukkan dokumen Police Record untuk dilegalisir. Dokumen asli dilampiri satu lembar fotokopinya, 1 buah meteri 6000, dan 1 lembar fotokopi KTP dimasukkan ke dalam map. Selanjutnya saya diminta mengisi form permohonan legalisir dan membayar biaya legalisir sebesar 25.000,- + 5000 (mungkin biaya administrasi bank) melalui BNI di ruangan yang sama. Dokumen dapat diambil setelah 3 (tiga) hari kerja.

Proses pengajuan legalisir tidak lebih dari sejam, dan berikutnya saya menuju ke Kantor Konsulat Cyprus di Menara Sudirman Lantai 7, Ruang B di Jalan Jendral Sudirman Kav 60 Jakarta. Di sana bertemu Ibu Retno dan disambungkan per telepon dengan Pak Rully, dan saya pun bertanya tentang proses pengajuan visa ke Cyprus. Saya juga menemui Honorary Consul of the Republic of Cyprus, Bapak Hardjuni, SH. untuk menanyakan perihal legalisir oleh notaris. Beliau mengiyakan  dan dipersilakan mengurus legalisir dokumen dengan Bapak Rully. Saya pun kembali meluncur ke Kementerian Hukum dan HAM untuk memasukkan dokumen Medical Check Up Report untuk dilegalisir.

Sampai di Kantor AHU, Kementerian Hukum dan HAM, saya mencari notaris di sana dan membayar 100.000,- untuk legalisir dokumen resmi berikut 1 lembar fotokopinya. Tidak sampai 10 menit, saya mengambil antrian dan memasukkan dokumen ke loket yang sama dengan sebelumnya. Dengan proses yang sama dan membayar Rp 25.000,- + 5.000,- melalui BNI, saya dapat mengambil kembali dokumen paling tidak Jumat siang.

Saya pun berencana mengambilnya pada hari Senin, 23 September 2013, untuk selanjutnya membawa kedua dokumen ke Kemlu di Jalan Pejambon No 6 Jakarta, untuk meminta legalisir berikutnya.

Komentar»

1. Madina Al Quran - September 30, 2013

Semangat mas,😀 Ceritanya menggebu-gebu

2. Ambil Paspor Dinas di PKLN Kemdikbud, Legalisir ke Kemenkum HAM | Yoanes Bandung & Activities - Oktober 7, 2013

[…] Sebagai catatan: Untuk mendapatkan legalisir dari Kementerian Luar Negeri terlebih dahulu dokumen harus dilegalisir oleh Kementerian Hukum dan HAM. […]

3. Jakarta ke-2: Ambil Dokumen di Kemenkumham, Kirim ke Kemlu | Yoanes Bandung & Activities - Oktober 18, 2013

[…] berselang tiga hari kerja sejak pengajuan legalisir dokumen Criminal Record dan Medical Certificate di Ditjen AHU Kemenkumham, untuk kali kedua saya ke Jakarta untuk mengambil berkas dokumen yang semoga sudah dilegalisir. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: