jump to navigation

Jakarta ke-4: Ambil Legalisir Fotokopi Paspor di Kemenkumham, Ajukan Legalisir ke Kemlu Oktober 8, 2013

Posted by ybandung in Penelitian Post-Doc dan Serba-Serbi.
trackback

Selasa pagi jam 8:30 saya telah tiba di Kantor Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Kementerian Hukum dan HAM RI di Jalan Rasuna Said, Kuningan-Jakarta. Langsung mengambil antrian ke bagian legalisasi dokumen dan duduk manis sambil menunggu petugas meja legalisasi dokumen datang. Tidak lama menunggu, petugas datang dan saya langsung dipanggil karena kebetulan masih sepi dan saya duduk di paling depan. Selesai!, dua fotokopi paspor dinas dengan pengesahan dari Kemenkumham telah berada di tangan. Selanjutnya, dokumen diajukan legalisasinya ke Kemlu di Jalan Taman Pejambon Jakarta; sebelum kemudian dilegalisir oleh Konsulat Siprus, di Menara Sudirman Jakarta.

Sebelum meluncur ke Kemlu, saya sarapan pagi dulu di Kantin Kemenkumham. Yang saya tuju adalah warung makan Cak Tjondro yang sudah saya incar karena sebelumnya saya pernah makan ayam bakar yang lezat. Belum jam 9 belum ada ayam bakar, dan saya memesan ayam goreng. Wah .. memang top banget makanan di sini, ayam gorengnya pun renyah sekali dan kering tanpa terlihat minyak goreng yang menempel. Dipadu dengan sambal tomatnya menjadikan menu ayam goreng ini akan selalu ngangenin.

Saya kemudian meluncur menuju Kantor Kemlu di Jalan Taman Pejambon, depan Stasiun Gambir. Jam menunjukkan pukul 09:30, Kantor Kemlu tempat layanan masyarakat masih sepi, saya orang kedua yang berada dalam ruangan. Loket bagian legalisir juga masih kosong. Tidak berselang lama, petugas bagian legalisir pun datang dan saya memasukkan dokumen dua kopi paspor yang sebelumnya telah disahkan oleh Kemenkumham. Setelah membayar 20.000 dan menyerahkan 2 buah materai 6000 untuk legalisir dua kopi dokumen, petugas mengatakan dapat diambil besok sorenya.

Saya juga menanyakan prosedur untuk memperpanjang exit permit, karena rencana kepergian saya bisa jadi tiga hari setelah tanggal exit permit berakhir/expire. Petugas mengatakan, proses di Kemlu tidak lama dan hanya membutuhkan waktu satu hari. Namun pemohon harus membawa Surat Pengantar dari Kemdikbud (karena saya adalah dosen PNS) dan (fotokopi) Surat Ijin dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

Sip, urusan dokumen sudah selesai dan rencananya akan diambil pada hari Kamis. Berikutnya bersiap meluncur ke Kantor Pustekkom di Ciputat untuk menyusul rekan-rekan dosen dan peneliti yang telah berada di sana. Hem .. masih jam 9:55, di Jalan Merdeka Barat yang tidak jauh dari Jalan Taman Pejambon masih diberlakukan 3-in-1. Bersabar 5 menit dan akhirnya kami yang semobil hanya dua orang pun berangkat menuju Ciputat via Thamrin-Sudirman dan Tol Lingkar Luar untuk kemudian akan keluar di Terminal Lebak Bulus/Pondok Indah.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

