jump to navigation

Open Lesson VII Cianjur Hari 1 November 14, 2013

Posted by ybandung in Perihal Penelitian, Rural Digital Learning.
trackback

Pada hari ini, Kamis tanggal 14 November 2013, kembali dilaksanakan Open Lesson siklus VII untuk hari yang pertama. Open Lesson diselenggarakan dengan bantuan teknologi informasi, yang memungkinkan dua kelas di dua sekolah  yakni SDN Ibu Dewi 2 Cianjur dengan SDN Ibu Jenab 6 secara simultan menyelenggarakan pembelajaran oleh satu orang guru model. Teknologi yang dipergunakan adalah real-time audio/video communication dengan aplikasi Skype yang dijalankan di atas jaringan Speedy xDSL dengan kecepatan shared 2 Mbps.

IMG_2534

Persiapan Open Lesson VII Hari 1

Persiapan teknis untuk pelaksanaan Open Lesson ini sebetulnya sudah dimulai sejak H-6 yakni survey lapangan untuk mengecek ketersediaan Internet yang akan diperlukan untuk menjalankan aplikasi konferensi video. Di lapangan yakni di SDN Ibu Dewi 2 dan SDN Ibu Jenab 2 Cianjur, Pak Sudi dari tim DUKTEK STEI ITB menemukan bahwa koneksi Speedy berkecepatan shared 2 Mbps agak mengkhawatirkan untuk menjalankan konferensi video. Kecepatan jaringan pun terukur di bawah 1 Mbps. Sebagai back-up maka langsung dipesan koneksi Internet dari provider lain yang dapat menyediakan koneksi Internet sampai dengan 5 Mbps.

Pada H-1, tim DUKTEK STEI ITB yakni Pak Sudi dan Pak Cece beserta beberapa siswa PKL-nya dibantu oleh para guru anggota komunitas guru Bandung-Subang-Cianjur melakukan persiapan dan pengujian sistem khususnya konferensi video. Pada hari H, rupanya koneksi Internet baru yang dipesan belum juga datang sehingga Open Lesson akan mengandalkan koneksi Speedy 2 Mbps yang ada.

IMG_2506

IMG_2507

:: Pak Sudi dari DUKTEK STEI ITB melakukan testing sistem video streaming untuk pelaksanaan Open Lesson ::

IMG_2502

:: Pak Cece dari DUKTEK STEI ITB sedang mengarahkan handycam untuk pengambilan gambar dalam uji sistem sebelum Open Lesson dimulai ::

Pembukaan Open Lesson VII Hari I

Acara pembukaan dengan konferensi video dibuka oleh Ibu Ihat sebagai pembawa acara di SDN Ibu Jenab 2 diikuti oleh para guru anggota komunitas guru belajar Bandung-Subang-Cianjur dan para anggota tim DL ITB-UPI yang berada di dua lokasi yakni SDN Ibu Dewi 2 dan SDN Ibu Jenab 2. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah SDN Ibu Jenab 2, dan diikuti dengan sambutan oleh Kapusbindik, dan Pak Armein Langi dari PPTIK ITB. Tim DL ITB-UPI yang hadir juga adalah Pak Ijang Rohman, Ibu Ita Inayah, Pak Bandung, dan Mas Erwin.

IMG_2512

:: Ibu Kepala Sekolah SDN Ibu Jenab 2 memberikan sambutan pada acara pembukaan Open Lesson Siklus VII ::

IMG_2517

:: Kapusbindik memberikan sambutan dari SDN Ibu Dewi 2 melalui video conference dengan SDN Ibu Jenab  2 ::

IMG_2524

:: Pak Armein Langi dari PPTIK ITB memberikan sambutan dari SDN Ibu Dewi 2 ::

Open Lesson VII Hari 1: Sesi 1 – Tematik

Memasuki sesi yang pertama, 15 menit sebelum pembelajaran dimulai para siswa kelas III baik di SDN Ibu Dewi 2 maupun di SDN Ibu Jenab 2 mengerjakan pre-test untuk kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan hasil post-test setelah pembelajaran selesai. Setelah dibuka dengan doa bersama dengan dipimpin oleh salah satu siswa dari SDN Ibu Dewi 2, Ibu Tati Kamilah, S.Pd. yang bertindak sebagai guru model memulai pembelajaran yang diikuti oleh siswa di SDN Ibu Dewi 2 (real classroom) dan siswa di SDN Ibu Jenab 2 (virtual classrom, dengan fasilitator adalah Bapak Supendi, salah satu anggota komunitas guru belajar Bandung-Subang-Cianjur).

IMG_2531

:: Guru model menjelaskan topik Tematik diikuti oleh para siswa dari Kelas Jauh di SDN Ibu Jenab 2 ::

IMG_2530

:: Fasilitator di Kelas Jauh, Bapak Supendi, berkomunikasi dengan guru model di Kelas Nyata ::

IMG_2533

:: Para guru lain bertindak sebagai Observer di belakang kelas ::

Di Sesi I ini, para siswa memperagakan dalam kelompok bagaimana menyaring air keruh menjadi air jernih dengan menggunakan media-media kapas, ijuk, pasir, kerikil kecil, dan kerikil besar. Perwakilan kelompok mengkomunikasikan hasil pengamatan dan pada akhir sesi para siswa mengikuti Post-Test kurang lebih 15 menit.

Komentar»

1. za - November 14, 2013

Wah keren! Apakah rekaman videonya tersedia daring, mas Bandung?

2. Engkos Koswara - Februari 15, 2014

sip! sayang harii ke 2 nya gak diliput, hehe

ayowisata - Februari 15, 2014

Awak media dan juru kodaknya tidak berada di lokasi Pak Engkos; tidak tahu harus menulis apa hehe.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: