jump to navigation

Bersihkan Laptop dari Tumpahan Minuman Kopi Maret 1, 2014

Posted by ybandung in Kumpulan Kiat dan Tutorial, Tutorial Serba-Serbi Komputer.
Tags: ,
trackback

Saat ini saya menulis artikel blog dengan laptop/notebook yang keyboardnya terkena tumpahan minuman kopi tadi pagi di kantor. Menyandingkan laptop dengan secangkir kopi memang sangat beresiko, paling tidak sudah seringkali mendengar laptop mati tidak mau menyala lagi karena kena tumpahan kopi. Ya, hari ini saya juga mengalaminya karena menyandingkan secangkir kopi favorit saya dekat dengan laptop untuk bekerja. Beruntung tidak secangkir kopi yang tumpah, namun dua-tiga sendok cairan mengenai keyboard laptop tentunya sudah dapat menjadikan “sesuatu” bukan? Kira-kira begini yang saya lakukan untuk membersihkan laptop dari tumpahan kopi tersebut.

1. Begitu keyboard laptop kena tumpahan kopi, hal pertama yang saya lakukan adalah secepatnya mematikan komputer yang kemudian diikuti dengan mencabut kabel power supply dari stopkontak listrik dan mencabut baterai laptop. Karena mengejar waktu, saya pun mematikan laptop tanpa prosedur yakni pencet tombol power beberapa saat sampai laptop mati karena dipaksa shutdown. Dengan tissue yang lumayan banyak, saya pun menyeka-nyeka cairan kopi yang membanjiri sebagian tombol keyboard. Pada tahap ini tidak sempat dilakukan pemotretan, karena lebih penting menyelamatkan laptop secepat mungkin.

2. Pulang untuk melanjutkan proses pembersihan di tempat tinggal karena kebetulan obeng yang diperlukan untuk membongkar laptop ada di kamar. Langsung dimulai proses pembukaan penutup chassing pada bagian belakang dengan mengendorkan tiga baut pengunci penutup chassing.

IMG_4896

:: Ilustrasi penutup chassing belakang laptop telah dilepas, saya juga melepas HDD dan RAM untuk mengurangi resiko akibat tumpahan cairan ::

3. Berikutnya saya harus melanjutkan dengan melepas keyboard. Wah tidak tahu bagaimana caranya dan search di Internet  saya menemukan link ini dan menemukan di Youtube link tutorial membuka keyboard Lenovo Thinkpad Edge. Tidak perlu khawatir, rupanya Lenovo ThinkPad E135 ini dilengkapi dengan informasi atau petunjuk baut mana yang harus dilepas. Tanpa susah mencarinya seperti ditunjukkan di dalam tutorial tersebut, saya pun melepaskan tiga baut. Balik laptop sehingga bagian keyboard menghadap ke arah kita. Lepaskan keyboard dengan hati-hati yakni pegang keyboard dengan jemari kedua tangan memberikan tekanan merata lalu geser ke arah atas/depan secara perlahan dan sedikit pencungkilan pada bagian bawahnya (saya menggunakan obeng minus yang kecil). Wuih, di bawah keyboard rupanya bersembunyi genangan tumpahan kopi dan saya pun mengelapnya dengan tissue.

IMG_4895

:: Keyboard berhasil dilepaskan dengan menggeser ke atas/depan dan sedikit mencungkil bagian bawahnya ::

4. Setelah keyboard berhasil dilepaskan, sebelum benar-benar mengeluarkan keyboard dari badan laptop terlebih dahulu harus mencabut satu kabel pita besar dan satu kabel pita kecil. Dengan obeng minus yang kecil, saya membuka pengunci kabel berwarna hitam yakni dengan mencungkilnya ke arah atas. Sampai terdengar bunyi “klik” selanjutnya kedua kabel dapat dilepaskan dan keyboard menjadi benar-benar terpisah dari badan laptop. Selanjutnya saya mengambil tissue untuk mengelap keyboard sambil terus disebul dengan tekanan tinggi, lumayan sebagai pengganti mesin kompresor yang tidak saya miliki. Setelah dirasa cukup yakni tidak lagi terlihat cairan kopi pada teknik penyebulan, saya pun menjemur keyboard di bawah sinar matahari yang tidak terasa panas di daratan sini.

5. Sambil menunggu proses penjemuran keyboard, saya melanjutkan pembersihan cairan yang siapa tahu masih menempel di badan laptop. Sebentar. Saya sangat mengagumi disain laptop Lenovo ThinkPad Edge ini khususnya sangat rapat dalam membatasi bagian keyboard dengan sebagian besar komponen laptop (silakan lihat gambar). Mungkin salah satu tujuannya adalah meminimalisir masuknya cairan yang dapat merusak komponen-komponen di dalam laptop. Saya lanjutkan ya. Saya mencurigai adanya sebagian genangan cairan kopi yang bersembunyi di bawah sekat antara keyboard dengan komponen lain tersebut sehingga saya pun mencoba untuk membuka sekat yang berwarna hitam. Lihat lagi tutorial di alamat Youtube.com di atas, saya pun mencoba untuk membukanya dengan bantuan obeng sakti saya yakni melepaskan beberapa baut dan mencungkil sekat mengikuti garis sisi luar laptop. O iya, dua buah baut di dekat engsel layar monitor juga harus dilepaskan terlebih dahulu sebelum melakukan acara pencungkilan.

IMG_4893

IMG_4888

:: Perfecto! Tidak ada cairan kopi terlihat membasahi area dalam laptop ini ::

6. Kembali ke keyboard. Sepertinya akan lama menunggu keyboard betul-betul kering. Kenapa tidak memanfaatkan mesin heater pada AC. Ya, saya pun menyalakan AC pemanas (heater) dengan mengeset suhu maksimum yakni 30 derajat Celcius. Lumayan sebagai pengganti mesin semacam hairdryer yang lagi-lagi tidak saya miliki. Saya pun naik ke atas bangku agar dapat mendekati blower AC berkekuatan 1.400W dan kemudian mencoba untuk mengeringkan keyboard dengan semburan udara panas. Lumayan juga, terasa semburan udara panas mengenai badan. Setelah sekitar 15 menit saya rasa cukup.

7. Semuanya sudah dibersihkan dan semoga sudah kering betul. Waktunya untuk merakit laptop kembali. Tidak lupa untuk memasang kembali kabel pita besar dan kabel pita kecil dari keyboard ke badan laptop. Tutup tutup tutup, selesai sudah dan laptop siap untuk dites apakah dapat menyala dan bekerja dengan baik kembali.

IMG_4877

:: Memastikan dua kabel pita dari keyboard terpasang dengan baik ke soketnya ::

8. Setelah menarik napas panjang, saya pun mencoba untuk menyalakan laptop. Yes, laptop mau melakukan booting meski tidak biasa karena masuk ke mode pilihan booting. Iya, karena begitu kena tumpahan kopi, laptop tersebut saya shutdown secara paksa. Masuk di menu logon ke Windows, lho koq kemudian muncul ketikan password panjang sekali padahal tidak ada orang lain di sini. Ya sudah ngga papa, saya coba hapus dan mengetikkan password untuk masuk ke Windows. Yes, berhasil. Setelah hampir seluruh tombol, saya menemukan satu tombol spasi yang error yakni seringkali saya temukan tombol spasi tertekan lama dan baru dapat saya hentikan dengan menekan tombol Enter. Seringkali tombol spasi tidak mau bekerja, kadang-kadang harus diberi hentakan sampai tombol spasi mau berfungsi.

Setelah melewati beberapa kali shutdown, pada petang hari saya menemukan tombol spasi mulai bekerja dengan baik. Saya berharap seterusnya tidak ada masalah. Pada malam hari ini, saya mencoba mengedit beberapa gambar yang saya tampilkan di dalam artikel blog ini dan menulis blog panjang lebar ini tanpa ada kendala pada keyboard. Mudah-mudahan.

Komentar»

1. Tidak Berhasil, Pembelian Komponen Komputer di ebay.com dari Indonesia | Yoanes Bandung & Activities - Agustus 13, 2015

[…] komputer dari ebay. Pertama yakni ketika kami membeli keyboard untuk mengganti keyboard laptop Lenovo yang terkena tumpahan kopi sewaktu di Siprus tahun lalu. Kedua yakni ketika membeli motherboard mini-ITX dari Indonesia untuk […]


Tinggalkan Balasan

