jump to navigation

Survey untuk Service/Bersihkan Debu-Jamur pada Kamera Nikon DSLR dan Lensa Mei 26, 2015

Posted by ybandung in Gadget.
trackback

Kamera Nikon DSLR D70s dengan lensa AF-S Nikkor 18-70mm 1:3.5-4.5G ED yang saat ini hampir 8 tahun saya gunakan dan selama 1 tahun terakhir saya simpan (built-in flash mati tahun 2013), kini mulai saya pegang-pegang lagi. Sedang dipertimbangkan untuk diservis khususnya karena munculnya jamur pada setiap jepretannya (terlihat pada gambar). Saya baru menyadari adanya jamur saat melakukan riset post-doc di Siprus tahun 2014 lalu. Saya sendiri kurang paham, apakah jamur hingga pada body atau pada lensa.

DSC_4705

:: Foto Pantai Larnaca di Siprus diambil Januari 2014, nampak jamur di bagian atas kanan ::

Kemarin saya mendatangi Toko Camzone di Jalan Merdeka Bandung (persis di depan Hotel Panghegar) menanyakan perihal kamera tersebut. Salah satu karyawan membuka lensa kemudian menerawang body maupun lensa ke lampu plafon. Body tidak ada masalah dan lensa sedikit kotor katanya. Kemudian dicoba dengan lensa lain dan menjepret beberapa gambar. Saya menunjukkan adanya jamur di bagian atas kanan meskipun telah menggunakan lensa lain. Kebetulan teknisi sedang tidak di tempat, saya menanyakan kisaran harga servis membersihkan jamur pada body atau lensa. Untuk body, biaya membersihkan jamur dihitung sebagai servis kamera dengan harga 750ribu dan untuk lensa seharga 500ribu.

Survey berlanjut ke Kamal Photo di Jalan Braga Bandung by phone. Di Kamal, kamera ataupun lensa yang hendak diservis akan dikirim ke Alta Jakarta. Pengecekan juga dilakukan di Jakarta, sehingga pelanggan akan dihubungi lebih lanjut perihal hasil pengecekan kamera. Perkiraan waktu pengerjaan 2-3 minggu, perkiraan harga yakni sekitar 350ribu untuk body dan 300ribu untuk lensa. Sementara masih kurang yakin karena saya cek di forum fotografi di Internet, beberapa komentar mengatakan harga servis di sana cukup mahal.

Lagi, survey berlanjut ke tempat service kamera di Jalan Sawah Kurung by phone. Perkiraan harga untuk servis body adalah 400ribu dan untuk lensa 18-70 adalah 250 ribu.

Komentar»

1. waskita - Mei 26, 2015

yang bercak di Foto Pantai Larnaca nampaknya karena sensornya kotor, bukan karena jamur.

ybandung - Mei 26, 2015

Oh bukan jamur ya Pak, soalnya seperti ada serat kapas halus.

2. waskita - Mei 26, 2015

Btw, ini contoh debu dan kotoran di sensor kamera saya: http://www.kamerapedia.com/2014/09/debu-sensor-kamera-canon-650d.html

ybandung - Mei 26, 2015

Hatur nuhun Pak Was atas sharingnya. Sayang, tidak ada service center Nikon di Bandung.

3. Service Kamera DSLR Nikon D70S dan Lensa untuk Hilangkan Jamur | Yoanes Bandung & Activities - Mei 31, 2015

[…] melakukan survey untuk hilangkan jamur di kamera dan lensa, akhirnya saya membawa kamera DSLR Nikon D70S berikut lensanya ke tempat service kamera di Jalan […]


Tinggalkan Balasan

