jump to navigation

Tidak Berhasil, Pembelian Komponen Komputer di ebay.com dari Indonesia Agustus 13, 2015

Posted by ybandung in Berbagi Berita dan Informasi.
trackback

Kami memiliki pengalaman dua kali membeli komponen/asesoris komputer dari ebay. Pertama yakni ketika kami membeli keyboard untuk mengganti keyboard laptop Lenovo yang terkena tumpahan kopi sewaktu di Siprus tahun lalu dan berhasil tepat waktu. Kedua yakni ketika membeli motherboard mini-ITX dari Indonesia untuk kegiatan penelitian kami. Kebetulan kami tidak berhasil menemukan motherboard yang dicari dari beberapa toko di Indonesia, sehingga kami mencoba untuk membelinya dari ebay.com yang kebetulan menjual produk tersebut oleh beberapa seller. Pembelian kedua ini tidak berhasil, yakni pesanan tidak kunjung kami terima setelah satu bulan menunggu dari jadwal tiba yang dijanjikan.

Pada tanggal 5 Juli 2015 kami memproses pembelian dua buah motherboard mini-ITX seri Intel DH61AG dari salah satu seller yang ada dan melakukan pembayaran dengan Paypal. Pihak seller dari ebay.com tersebut menjanjikan bahwa paket akan sampai dengan perkiraan tanggal 11-18 Juli 2015. Pada tanggal 6 Agustus 2015, karena paket tidak kunjung kami terima akhirnya kami menghubungi pihak seller via ebay.com untuk meminta penjelasan terkait belum sampainya barang yang kami pesan. Ebay.com sangat responsif memberikan balasan yakni jika pihak seller tidak memberikan respon maka kami dipersilakan untuk menghubungi ebay.com secara langsung. Kami diberi kesempatan sampai tanggal 4 September 2015 sebelum kasus dinyatakan telah selesai dan ditutup.

Karena masih belum ada respon dari seller sampai dengan tanggal 12 Agustus 2015 dan khawatir nanti pembelian menjadi hangus karena melewati tanggal 4 September 2015, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan eskalasi permasalahan ke ebay.com. Pada tanggal 13 Agustus 2015 hari ini, kami memperoleh email balasan dari ebay.com yang menyampaikan “final decision” yaitu mengembalikan uang secara penuh (“full refund”) baik uang pembelian barang maupun uang jasa pengiriman dan dikreditkan kembali ke akun Paypal kami. Berikut ini cuplikan informasi yang saya peroleh dari ebay.com:

Decision:
This case has been decided in your favor.

Comments:
Our records show the seller didn’t respond to the case. We’re sorry you had a problem with your purchase, and we’re issuing you a refund for this case.

Pada saat yang sama, kami juga mendapatkan email dari Paypal.com yang menyampaikan perihal refund yang akan terima kembali dalam waktu 3-5 hari kerja.

Meskipun kami memiliki pengalaman tidak berhasil ketika membeli barang dari ebay.com, namun kami tetap mencoba untuk mencari barang sejenis namun dijual oleh seller yang lain. Semoga ..

Komentar»

1. franspras - Agustus 27, 2015

Menarik informasinya. Mungkin takut dengan hacker Indonesia? Tapi kalau boleh tau saat pesan, ada berapa stok barang yang tersedia ya? ^_^

ybandung - September 27, 2015

Hallo Mas, terima kasih komennya. Nah itu saya kurang ingat ada berapa stocknya, tapi ada stock sehingga saya dapat memesan dan membayarnya.

Sebetulnya ada fitur komunikasi dengan penjualnya, namun tidak terpikir untuk komunikasi terlebih dahulu. Dan ketika sudah memesan, kami coba berkomunikasi namun tidak ada balasan apa-apa dan barang tidak juga terkirim sesuai tanggal yang diprediksikan. Akhirnya kami eskalasikan ke pihak ebay dengan meminta refund.

Akhirnya kami membeli board sejenis dari http://mini-box.com/ dan dalam 2 minggu barang telah diterima via UPS.

Demikian Mas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: