jump to navigation

Februari 2016, Pembuatan e-Passport Tidak Dapat Dilayani di Jakarta Februari 2, 2016

Posted by ybandung in Kisah dan Pengalaman Pribadi, My News.
trackback

Mengirimkan paper dan diterima untuk dipresentasikan pada IEICE General Conference 2016 yang akan diselenggarakan di Kyushu University, Fukuoka Jepang, saya mencoba untuk mengajukan e-Passport karena dapat digunakan untuk masuk ke Jepang tanpa perlu mengurus visa lagi. Sebelum dapat dipergunakan, nantinya e-Passport diajukan ke Kedutaan Jepang untuk mendapatkan Visa Waive yang setahu saya akan berlaku selama 3 tahun.

Karena saat ini baru beberapa Kantor Imigrasi di Jakarta, Cengkareng, Surabaya, dan Batam yang melayani pembuatan e-Passport, saya pun mempertimbangkan apakah mengurus sendiri atau melalui travel agent. Hitung-hitung banyak waktu yang harus dikeluarkan jika mengurus sendiri ke Jakarta, saya pun mencoba untuk mendatangi salah satu travel agent di Bandung. Melalui travel agent, hanya diperlukan satu kali datang ke kantor imigrasi untuk foto dan wawancara (jika mengurus sendiri mungkin perlu 2-3 kali datang ke Jakarkta termasuk mendatangi Kantor Kedutaan Jepang untuk pengajuan Visa Waive. Biaya yang dikeluarkan memang akan menjadi paling tidak dua kalinya.

Saya pun memutuskan untuk mengurus pembuatan e-Passport melalui salah satu travel agent di Bandung dengan informasi harga seperti tertera pada website http://www.bayubuanatravel.com/harga-paspor. Persyaratan dokumen yang saya persiapkan di antaranya adalah Kartu Keluarga, Akta Lahir/Akta Nikah, KTP, dan Surat Pengantar dari Kantor tempat bekerja.  Dokumen saya serahkan ke travel agent dan membayar biaya pembuatannya dan saya akan dikabari untuk membuat kesepakatan kapan saya dapat ke Jakarta untuk melakukan foto dan wawancara.

Dua hari berlalu saya mendapatkan telepon dari travel agent. Diinfokan bahwa pembuatan e-Passport di semua kantor imigrasi di Jakarta saat ini sedang tidak dapat dilayani karena adanya system problem. Apa boleh buat, karenanya saya mencoba untuk mengajukan Visa Jepang.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

