jump to navigation

Hadiri Konferensi Internasional ICAICTA 2016 di Penang Malaysia (1) Agustus 17, 2016

Posted by ybandung in Perihal Penelitian, Seminar Ilmiah dan Poster.
trackback

Mengirimkan satu paper dan diterima oral presentation pada The 2016 International Conference on Advanced Informatics, Concepts, Theory and Applications (ICAICTA) di Penang Malaysia tanggal 16-19 Agustus 2016 (acara utama 17-18 Agustus 2016), kami pun mempersiapkan dan mensubmit camera ready paper berdasarkan hasil blind review yang kami terima, mensubmit dokumen kelengkapan yakni IEEE Copyright Transfer Form dan Biography, dan melakukan registrasi keikutsertaan pada acara tersebut. Kebetulan masih terdaftar aktif sebagai member IEEE, sebagai author saya membayar biaya registrasi sebesar USD 400 atau RM 1,743.

Rencana kepergian ke Penang pada tanggal 16 Agustus 2016 tertunda satu hari dikarenakan batalnya pesawat AirAsia yang hendak kami tumpangi. Ada kendala teknis di Bandara Internasional Hussein Sastranegara yang mengakibatkan semua pesawat Boeing dan Airbus tidak dapat mendarat maupun lepas landas sampai dengan lepas siang hari. Nasib kurang baik terjadi pada pesawat yang akan kami tumpangi, diumumkan bahwa penumpang akan diberangkatkan pada esok hari dari Bandung menuju Penang via Kuala Lumpur. Sementara beberapa kolega yang menggunakan pesawat lainnya tetap berangkat sesuai jadwal pada hari tersebut.

Pagi hari tanggal 17 Agustus 2016 saya telah berada di bandara kembali setelah semalam beristirahat di rumah dengan tidak mengambil jatah penginapan yang disediakan pihak AirAsia. Sesuai yang dijadwalkan, pada pukul 06.15 pagi penumpang diterbangkan menuju Kuala Lumpur dengan jadwal tiba di KLIA2 adalah pukul 09.25. Makanan yang telah dipesan saat membeli tiket tidak juga diberikan meskipun penjualan makanan di atas pesawat tetap dilakukan. Saya hanya memikirkan secepatnya dapat segera tiba di lokasi seminar di Penang meskipun tidak begitu berharap dapat mengikuti kegiatan pada hari pertama dari dua hari kegiatan konferensi.

Tiba di bandara KLIA2, saya bergegas menuju counter AirAsia U yang ditunjukkan oleh petugas. Di deretan counter AirAsia U, saya mendatangi salah satu petugas dan menanyakan apakah memungkinkan jika saya diassign ke penerbangan lebih awal yakni pukul 10.35 dengan harapan semakin cepat tiba di Penang. Ternyata tidak bisa karena waktunya sudah terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan pesawat. Akhirnya saya menunggu pemberangkatan sesuai boarding pass yang telah dicetak di bandara Hussein. Sambil menunggu pemberangkatan, saya menuju ke food court Quizinn KLIA2 untuk mencoba kembali menu Roasted Chicken seharga RM 10 yang pernah saya coba sebelumnya ketika mengikuti Konferensi Internasional ICC 2016 di Kuala Lumpur pada bulan Mei 2016.

Penerbangan dari Kuala Lumpur ke Penang ditempuh dalam waktu sekitar 55 menit. Setibanya di Bayan Lepas International Airport Penang, saya memilih moda bus rapidPenang 102 Penang Airport – Teluk Bahang seharga 4 ringgit, lumayan berhemat dibandingkan dengan taksi ke Batu Ferringgi sekitar 75-85 ringgit. Setelah menempuh perjalanan darat sekitar 90 menit saya pun tiba di Batu Ferringgi yang merupakan salah satu destinasi terbaik di Penang Malaysia. Check-in penginapan dan kemudian saya bergegas menuju tempat konferensi yang berjarak 5 menit jalan kaki. Karena sore hari baru tiba, saya hanya sempat mengikuti 30 menit kegiatan parallel session di salah satu ruang konferensi dan mendatangi poster session. Pada malam harinya saya mengikuti banquet dinner yang dimulai pada pukul 20.