jump to navigation

Mengurus STNK yang Hilang Mei 26, 2017

Posted by ybandung in Kisah dan Pengalaman Pribadi.
trackback

Kesibukan hari itu membuat saya terlena di mana saya menyimpan STNK atau entah jatuh di jalan ketika mampir ke beberapa tempat membeli sesuatu. Dua hari saya mencoba untuk mengingat perkiraan di mana saya menyimpannya di rumah dan mencarinya. Karena tidak menemukannya juga, pada hari Jumat, 26 Mei 2017, saya mulai mengurus STNK yang hilang tersebut. Berikut ini yang saya jalani setelah membaca beberapa artikel di Internet.

  1. Jumat pagi saya mengurus Surat Kehilangan STNK di Kantor Polsek dekat perkiraan STNK hilang. Saya dibuatkan surat tanda penerimaan laporan yang menjelaskan kronologi kejadian dan keterangan surat penting yang hilang. Dari sini, saya diberitahu untuk mengurus berita acara di bagian reskrimum Polrestabes. Diperlukan waktu sekitar 10 menit tanpa antrian, sedikit wawancara perihal di mana perkiraan hilangnya STNK, dan memperbaiki sedikit kesalahan ketik.
  2. Saya meluncur ke Polrestabes Bandung dan diarahkan untuk menemui Pak Dudung di lantai 2 bagian reskrimum. (a) Rupanya, terlebih dahulu saya harus membuat Surat Keterangan Tanda Bukti Melapor di loket Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di bagian depan Polrestabes. (b) Membuat iklan kehilangan STNK di surat kabar, dapat datang ke Bale Iklan di Jalan Asia Afrika Bandung (100 m dari Simpang Lima).
  3. Saya menuju bagian SPK dan mengurus surat keterangan kehilangan STNK. Petugas yang kosong langsung mempersilakan duduk dan meminta KTP. Menurut informasi petugas, untuk mengurus surat keterangan kehilangan STNK sebaiknya langsung ke Polrestabes, ke Polsek jika diperlukan surat-surat lainnya. Diperlukan waktu sekitar 5 menit tanpa antrian dan tanpa wawancara, petugas dengan cekatan membuatkan surat yang dibutuhkan 🙂
  4. Saya meluncur ke Bale Iklan di Jalan Asia Afrika Bandung dan langsung membuat iklan baris kehilangan STNK. Saya dibuatkan iklan di 3 (tiga) surat kabar seharga total 76ribu rupiah, saya ikut saja karena memang tidak memiliki cukup informasi harus mengiklan ke berapa surat kabar. Hari berikutnya, Sabtu pagi, bukti iklan diambil dan meng-klipping di tiga kuitansi pembuatan iklan. Tiga buah koran bukti iklan dibawa pulang.
  5. to be continued …

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

