jump to navigation

Wisata ke Jepang 2018: Perjalanan Jakarta- Hong Kong – Haneda Jepang Maret 16, 2018

Posted by ybandung in Traveling & Exploring the Worlds.
trackback

Kami akan berangkat ke Jepang dengan penerbangan Cathay Pacific dari Bandara Intl Soekarno-Hatta (CGK) pada hari Sabtu pukul 15:30. Kami mempertimbangkan untuk berangkat pagi harinya dengan naik kereta pada pukul 06:30 dan sambung dengan kereta bandara dari Stasiun Sudirman Baru atau dengan taksi ke bandara. Karena penerbangan kami cukup panjang yakni baru tiba di Haneda Intl Airport pada pagi hari berikutnya yakni hari Minggu sekitar pukul 05:00, kami memutuskan untuk menginap semalam di hotel Ibis Style di dekat Bandara Soekarno-Hatta agar dapat lebih menghemat tenaga.

Kami berangkat ke Jakarta menggunakan kereta api Argo Parahyangan pada pukul 16:00 yang ditempuh dalam waktu 3.5 jam dan kemudian disambung dengan taksi Blue Bird (via Go Blue Bird est 118.000, tarif riil sesuai argo 124.000 disc. gopay 15.000 plus dua kali masuk tol dan parkir stasiun) menuju hotel Ibis Style Cengkareng selama 1 jam. Dengan menginap, kami dapat berangkat ke bandara pada saat check-out yakni pada pukul 12:00 dengan free shuttle (bus sedang) yang disediakan oleh pihak hotel yang berangkat setiap 90 menit.

Karena sudah melakukan online check-in pesawat, kami tidak perlu berlama-lama di check-in counter bahkan disediakan counter khusus yang sudah online check-in yakni tinggal print boarding pass Jakarta-Hong Kong dan Hong Kong-Haneda serta drop dua bagasi. Periksa imigrasi dilanjutkan menuju gate yang ditentukan dengan melalui pemeriksaan tas yang kami bawa oleh petugas Cathay Pacific. Tibalah waktunya masuk pesawat yang diatur sedemikian rupa tidak perlu mengantri panjang dan berdesak-desakan karena sudah ditentukan penumpang dengan kursi mana yang dipersilakan masuk. Jika tidak sesuai, maka petugas akan mempersilakan penumpang untuk menunggu giliran yang ditentukan. Keren!

Ketika masuk pesawat berbadan lebar, setiap penumpang akan diminta oleh awak kabin di pintu pesawat untuk memperlihatkan nomor kursi di boarding pass sehingga petugas dapat menunjukkan ke arah mana tempat duduk penumpang. Pesawat Airbus A350-900 yang membawa kami baru dapat lepas landas sekitar 30 menit dari jadwal keberangkatan dikarenakan banyaknya antrian di landasan bandara Soekarno-Hatta. Bahkan setelah menunggu sekian waktu, pilot mengumumkan bahwa pesawat yang kami tumpangi masih ada di antrian ke-7 untuk lepas landas.

Pesawat yang menerbangkan kami mengudara dengan tenang terlebih cuaca dalam keadaan baik sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Hong Kong. Perjalanan selama 5 jam kami isi dengan memejamkan mata dan menonton hiburan yang disediakan. Akhirnya pesawat kami mendarat di Bandara Intl Hong Kong sekitar pukul 21:00 waktu lokal Hong Kong. Masih tersedia waktu sekitar 3 jam di Hong Kong untuk kemudian melanjutkan penerbangan Hong Kong – Haneda pada pukul 23:55. Duduk bersantai dan menikmati secangkir kopi panas sebelum memulai perjalanan menuju Haneda Jepang.

Menjelang tengah malam waktu Hong Kong, kami dibawa bus bandara menuju pesawat yang akan menerbangkan kami ke Haneda. Kami naik pesawat dengan sedikit pikiran apakah bisa tidur selama penerbangan agar badan fit setiba di Jepang keesokan harinya. Semoga …