jump to navigation

Mengenal Teknologi QoS di Internet January 16, 2008

Posted by ybandung in Teknologi.
Tags: , , , ,
trackback

Teknologi QoS adalah teknologi yang memungkinkan administrator jaringan untuk dapat menangani berbagai efek akibat terjadinya konjesti pada lalu lintas aliran paket dari berbagai layanan. Penanganan QoS dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya jaringan secara optimal, dibandingkan dengan menambah kapasitas fisik jaringan tersebut. Meningkatnya berbagai layanan akan meningkatkan lalu lintas aliran paket dengan berbagai laju kecepatan, yang akan membutuhkan kemampuan jaringan melalukan aliran paket pada laju kecepatan tertentu.

QoS bertujuan untuk menyediakan kualitas layanan yang berbeda-beda untuk beragam kebutuhan akan layanan di dalam jaringan IP, sebagai contoh untuk menyediakan bandwidth yang khusus, menurunkan hilangnya paket-paket, menurunkan waktu tunda dan variasi waktu tunda di dalam proses transmisinya. QoS memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Pengkelasan paket untuk menyediakan pelayanan yang berbeda-beda untuk kelas paket yang berbeda-beda
  2. Penanganan kongesti untuk memenuhi dan menangani kebutuhan layanan yang berbeda-beda
  3. Pengendalian lalu lintas paket untuk membatasi dan mengendalikan pengiriman paket-paket data
  4. Pensinyalan untuk mengendalikan fungsi-fungsi perangkat yang mendukung komunikasi di dalam jaringan IP

Secara umum model layanan untuk memberikan fungsi QoS adalah sebagai berikut:

1. Best Effort Service

Best Effort merupakan model pelayanan QoS yang paling sederhana, di mana paket-paket dapat dikirimkan setiap waktu, tanpa terlebih dahulu bernegosiasi dengan kemampuan jaringan. Jaringan akan memberikan kemampuan terbaiknya mengirimkan paket-paket tersebut, namun tidak memberikan jaminan akan reliabilitas jaringan tersebut dan adanya waktu tunda. Pelayanan Best Effort merupakan pelayanan standar pada saat ini untuk menangani aplikasi-aplikasi umum seperti FTP dan E-mail, dengan mengaplikasikan teknik first in first out (FIFO).

2. Integrated Service (IntServ)

Intserv merupakan model pelayanan yang terintegrasi untuk menangani kebutuhan beragam QoS. Sebelum mengirimkan paket data, model pelayanan ini akan mengaplikasikan layanan khusus ke dalam jaringan yang ditangani dengan proses signaling. Pertama kali akan diberikan informasi mengenai parameter-parameter dari lalu lintas paket dan kebutuhan kualitas pelayanan seperti kebutuhan bandwidth dan waktu tunda. Setelah program aplikasi mendapatkan konfirmasi dari jaringan dan telah disediakan sumber daya untuk paket-paket yang hendak dikirimkan, maka program akan memulai mengirimkan paket-paket tersebut.

Signaling yang bertanggung jawab terhadap penyediaan QoS di model Intserv ini adalah Resource Reservation Protocol (RSVP). Sebelum mengirimkan paket-paket data, signaling ini akan memberi tahu router-router mengenai kebutuhan QoS oleh program aplikasi, sehingga RSVP merupakan pensinyalan yang out-band.

Intserv dapat memberikan dua pelayanan sebagai berikut:

  • Guaranteed service: memberikan garansi tersedianya bandwidth dan delay yang dikehendaki
  • Controlled-Load service: memberikan garansi tersedianya kualitas layanan bahkan ketika terjadi overload di dalam jaringan

3. Differentiated Service (DiffServ)

Diffserv merupakan model yang memberikan multilayanan yang menghendaki kebutuhan QoS yang berbeda-beda. Berbeda dengan Intserv, Diffserv tidak mengaplikasikan RSVP sehingga tidak meminta router-router untuk menyediakan sumber daya jaringan untuk melakukan pengiriman paket. Diffserv menyediakan layanan khusus menurut QoS yang dikehendaki oleh masing-masing paket, misalnya dengan menggunakan teknik IP Precedence. Jaringan akan melakukan packet classification, traffic shaping, traffic policing, dan queuing berdasarkan informasi yang diberikan.

(Artikel ditulis dari beberapa sumber/referensi).

Comments»

1. fandi fasarilla - October 3, 2009

terima kasih ya, kebetulan saya lagi skripsi dengan judul analisis QoS pada jaringan RT/RW-net, mohon bantuan dan sarannya…trimss

Mangga Mas .. ditunggu sharing pekerjaan lebih detailnya. Nuhun dan salam.

2. fandi fasarilla - December 1, 2009

YM: fandi_lha,


Leave a comment