jump to navigation

Perpanjang SIM di Mobil SIM Keliling May 24, 2022

Posted by ybandung in Kisah dan Pengalaman Pribadi.
trackback

Setelah survey beberapa lokasi perpanjangan SIM di Kota Bandung, saya memilih untuk perpanjangan SIM melalui Layanan Mobil SIM Keliling di Lucky Square (setiap hari Rabu dan Jumat). Jam 05.30 pagi saya sudah tiba di Lucky Square dan mencatatkan nama pada lembar yang telah disediakan di pos masuk parkir. Dapat nomor antrian 15. Pulang dan akan balik lagi pukul 08.30.

Menjelang pukul 08.30 saya telah tiba di Lucky Square, mobil SIM Keliling telah terparkir di depan. Ada dua antrian, antrian foto di depan mobil bagi masyarakat yang sudah memiliki surat keterangan sehat dan antrian di dalam gedung bagi masyarakat yang terlebih dahulu harus mengurus surat keterangan sehat dari dokter. Saya masuk ke antrian di dalam gedung karena terlebih dahulu harus mendapatkan surat keterangan sehat.

Menjelang pukul 09.00 terdapat hampir 100 nama pada daftar antrian. Petugas memberikan pengumuman perihal tata cara perpanjangan SIM di Layanan Mobil SIM Keliling bernomor mobil 2. Layanan hanya diberikan untuk SIM yang belum habis masa berlakunya. SIM yang telah lewat 1 hari harus diurus pembuatan SIM baru di Polrestabes Bandung. SIM berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal pembuatan SIM, tidak lagi berdasarkan tanggal lahir sebagaimana sebelumnya.

:: Antrian pemohon yang telah memiliki surat keterangan sehat dari dokter ::

Layanan hanya untuk perpanjangan SIM A dan SIM C. Syarat memperpanjang adalah melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang hanya ditunjuk oleh Kepolisian RI, SIM asli, dan fotokopi e-KTP (KTP versi lama, meskipun tertulis berlaku seumur hidup, dinyatakan tidak berlaku untuk perpanjangan SIM). Layanan karena sudah Online dapat melayani perpanjangan SIM tidak terbatas bagi masyarakat kota Bandung.

Pukul 09.00 layanan surat keterangan sehat dibuka, biaya Rp 50.000,00. Selanjutnya surat sehat dimasukkan ke Loket 2 Mobil SIM Keliling dan membayar biaya pembuatan SIM (untuk SIM C sebesar Rp 135.000,00). Petugas memberikan kartu antrian foto untuk difoto di dalam mobil. Selesai foto tinggal menunggu pencetakan SIM.

Sampai SIM diterima perlu waktu 2.5 jam sejak tiba pukul 08.30 (antrian layanan surat keterangan sehat nomor 15 yang diperoleh pukul 05.30 pagi). Alternatif lain, hari-hari sebelumnya dapat mengurus surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk Kepolisian RI (kalau tidak salah surat sehat berlaku 1 bulan), sehingga ketika hari H dapat langsung antri foto di depan Mobil SIM Keliling.

O iya, Mobil SIM Keliling di BTC Pasteur setiap hari Senin-Selasa-Rabu dan Sabtu, di BTM Cicadas setiap hari Kamis dan Sabtu. Kira-kira prosesnya sama, datang pagi sekali untuk mengambil nomor antrian untuk layanan surat keterangan sehat 🙂

Selamat memperpanjang SIM.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a comment