jump to navigation

Kampung Halamanku .. February 5, 2009

Posted by ybandung in Discover Wonderful Indonesia.
trackback

Anda pernah tidak menjelajahi daerah Minggir, sekitar 18 km arah barat dari Tugu Yogyakarta? Di sanalah tempat saya dibesarkan, di dusun Baran VI, Kelurahan Sendangagung, Kecamatan Minggir. Pemandangan pelosok tersebut terlihat di dalam foto berikut ini.

PB302187

:: Kampung halamanku .. ::

Meski daerah pelosok, namun daerah kami memiliki kekayaan alam yang indah lho. Silakan simak peta wisata Minggir yang ditampilkan di situs ini. Bagi Anda yang sibuk di perkotaan, saya kira daerah Minggir bisa menjadi tujuan untuk mencari kesegaran alam pedesaan. Anda bisa menikmati beberapa obyek yang sangat menarik. Yuk kita intip.

Alam pedesaan. Alam pedesaan di daerah Minggir menyuguhkan alam pedesaan dengan hamparan sawah dan pegunungan. Anda bisa mencoba turun ke pematang sawah, melihat tanaman padi yang menghijau, melihat anak-anak memancing belut. Anda bisa melihat anak-anak mencari rumput untuk kambing dan kerbau piaraan, anak-anak yang bersenda gurau sambil bermain layang-layang. Anda juga bisa melihat burung blekok yang mencari makan di sawah, tidak akan pernah ditemukan di perkotaan.

Aliran sungai. Saya sendiri tidak henti-hentinya terkesan dengan pemandangan aliran sungai yang membelah pedesaan. Di daerah Minggir mengalir Sungai Progo namanya. Aliran sungai ini dialirkan ke Selokan Mataram dan Selokan Van der Wicjk untuk irigasi pertanian di Yogyakarta. Anda bisa melihat pemandangan sungai dari atas Jembatan Ngapak atau Jembatan Kreo yang masih dalam tahap perampungan.

Pasar Tradisional. Di daerah saya dapat ditemukan beberapa pasar tradisional. Sebut saja Pasar Kebonagung, Pasar Dekso, Pasar Ngijon, Pasar Balangan, Pasar Ngino, dan lainnya. Masyarakat pergi ke pasar untuk menjual kelapa yang dipetik dari kebunnya, menjual sayuran yang diambil dari pekarangannya, menjual tikar anyaman dari mendong, parut kelapa dari batang melinjo, dan lain sebagainya; untuk kemudian sebagian uang hasil penjualan dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Comments»

1. Retie - February 11, 2009

wahhh asyik banget 😀 alam pedesaan mmm jadi kangen nich pengen traveling kayak dulu

Apa kabar mas?? waduhhh lama nich aku ngga mampir… 😀

Asik banget pokokmen Mba Retie, matur nuwun nggih sudah mampir kembali. Salam.

2. Karjo - November 20, 2009

Iki pelajaran IPS-nya Pak Rubiyo ya …??? he ….

Jujuk - December 14, 2009

wah bagus bener pemandangan , marahi aku kangen ngomah, pojok

3. amil - January 19, 2010

aku mulih ah…..

Ngaturaken sugeng kondur.

4. noer1976 - May 22, 2013

Ini di utara baran ya mas bandung?
blognya keren mas bandung!.
kalau berkenan mampir di blog baru saya mas 🙂


Leave a comment