jump to navigation

Menulis Pendahuluan di Proposal Penelitian Februari 1, 2009

Posted by ybandung in Tutorial Metode Penelitian.
Tags: , ,
trackback

Untuk memulai suatu penelitian baik itu skripsi/tugas akhir, tesis, disertasi, atau penelitian lain, kita membuat proposal penelitian yang diawali dengan Bab Pendahuluan. Ada sebagian yang berpendapat bahwa pendahuluan itu gampang, prioritas terakhir saja. Sebagian lagi berpendapat bahwa pendahuluan itu sangat penting, sehingga harus diprioritaskan. Mana yang benar saya kira tergantung kapasitas dan kemampuan masing-masing pribadi.

Apa itu Pendahuluan Riset?

Di dalam metoda penelitian, peneliti memulai penulisan proposal dengan membuat bab pendahuluan. Di bab ini, penulis menyampaikan informasi mengenai latar belakang penelitian yang bertujuan untuk membangun sebuah sebuah framework penelitian sehingga pembaca dapat mengerti bagaimana kaitannya dengan riset-riset yang lain (Wilkinson, 1991).

Di dalam bab pendahuluan, penulis perlu menyajikan informasi mengenai masalah penelitian (research problem). Namun, masalah penelitian sering dilupakan untuk dituliskan di bab pendahuluan, sehingga pembaca harus menebak sendiri isu penting mengenai motivasi dilakukannya penelitian tersebut (Creswell, 2003).

Dari manakah sumber-sumber masalah penelitian dapat digali? Masalah penelitian dapat berasal dari pengalaman peneliti itu sendiri, baik di dalam kehidupannya maupun di dalam lingkungan kerja. Masalah penelitian juga dapat digali dari debat-debat ilmiah yang dapat dijumpai di paper jurnal yang terjadi selama beberapa tahun. Di dalam ilmu sosial, masalah penelitian juga dapat berasal dari debat-debat kebijakan yang dilakukan pemerintah misalnya.

Bab pendahuluan harus ditulis dengan kalimat-kalimat yang menarik minat pembaca mengenai topik yang disajikan. Selain itu, bab pendahuluan harus menyampaikan masalah yang jelas sehingga memotivasi dilakukannya penelitian tersebut, memetakan topik penelitian ke dalam konteks literatur yang lebih luas, serta menjangkau komunitas peneliti yang lebih khusus.

Model Pendahuluan Riset: Model Defisiensi

Creswell (2003) menjelaskan suatu model umum untuk menulis bab pendahuluan yaitu model defisiensi yang merinci bab pendahuluan ke dalam lima bagian, yaitu:

  • Masalah penelitian
  • Tinjauan studi-studi yang telah dilakukan atau tinjauan pustaka
  • Defisiensi dari studi-studi yang pernah dilakukan
  • Pentingnya studi bagi pembaca
  • Pernyataan tujuan penelitian

Untuk memahami masing-masing bagian tersebut, saya sampaikan ilustrasi singkat sebagai berikut:

ITU-T mempublikasikan hasil penelitiannya bahwa peningkatan penetrasi sistem telepon ke masyarakat sebesar 1% dapat meningkatkan pendapatan per kapita suatu bangsa sebesar 3%. Sehingga jika suatu bangsa ingin memajukan perekonomiannya, maka bangsa tersebut harus memikirkan bagaimana membangun sistem komunikasinya agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Di Indonesia di mana sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pedesaan, pembangunan infrastruktur sistem komunikasi terkendala oleh masalah klasik yaitu tingginya biaya investasi yang harus dikeluarkan oleh operator sementara tidak ada jaminan investasi tersebut akan kembali. [masalah penelitian]

Tahun 2004, pemerintah menggelar program USO dengan menggunakan teknologi satelit sebagai salah satu alternatif teknologi. [studi yang ada]. Namun solusi sistem komunikasi menggunakan teknologi satelit menyisakan masalah yaitu tingginya biaya operasional layanan komunikasinya. [defisiensi studi yang ada]

Inovasi baru diperlukan agar menghasilkan solusi komunikasi yang murah dan terjangkau sehingga infrastruktur sistem komunikasi bisa digelar di lapisan masyarakat pedesaan. [arti penting bagi operator/masyarakat]

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi berbasis teknologi Internet yang murah namun sekaligus mengakomodasi kebutuhan masyarakat masa depan akan layanan informasi dan komunikasi. [pernyataan tujuan]

Semoga bermanfaat dan salam.

Komentar»

1. Pernyataan Tujuan di Proposal Penelitian « Yoanes Bandung & Activities - Februari 2, 2009

[…] 2, 2009 oleh ybandung Telah dijelaskan di artikel sebelumnya, bahwa bagian pendahuluan bertujuan untuk menjelaskan pokok permasalahan dari suatu riset. Artikel […]

2. medisonsimbolon - Februari 19, 2009

makasih Pak.. mohon bimbingannya..😀

Hehe .. sip Mas Medison. Sukses ya.

3. Metoda Penelitian « Yoanes Bandung & Activities - Februari 24, 2009

[…] « Newer Older » […]

4. Kuliah Ke-3 Metoda Penelitian « Yoanes Bandung & Activities - Februari 24, 2009

[…] Menulis Pendahuluan Proposal Penelitian […]

5. rosmina zuchri - Maret 12, 2009

salam. sy rosmina zuchri, female 48 tahun.

ingin kenalan loch mas?. senang membaca ” menulis pendahuluan penelitian”. setelah membaca akan saya praktekkan untuk menulis suatu proposal untuk tugas kuliah. makasih ya mas.

thanks

Salam kenal saya Mba Rosmina, terima kasih banyak atas kunjungannya. Dan saya senang sekali sekiranya tulisan saya bisa bermanfaat. Semoga sukses senantiasa ya Mba. Salam dari Bandung.

Rosmina zuchri

6. rosmina zuchri - Maret 12, 2009

salam, ternyata sy tak salah untuk mengenal sdr. Yoanes, ternyata seorang Ph.D. dan masih muda lagi.

selamat dan sucses. kapan ya sy dan juga teman-teman yang lain bisa sehebat dan sepintar dan sebaik sdr Yoanes.

thanks

Rosmina zuchri

Halo Mba Rosmina,

Amin dan terima kasih banyak. Semoga sukses senantiasa untuk Mba Rosmina dan teman-teman.
Salam saya dari Bandung.

7. Rosmina Zuchri - Juni 7, 2009

Selamat Pagi. 7 Juni saya sedang d Bandung. ada waktu ndak ya? apa boleh saya ketemu. kapan ya?….kantornya d imana ya? mau tanya2 nich ttng tugas kuliah saya.

terima kasih
Rossy

Mohon maaf, kebetulan tanggal 7 Juni kami ada acara di luar. Terima kasih.

8. Agung - November 30, 2009

jelek.
kayak an…g.
buruk.
gak ngerti.
buat lbih baik.
lebih bagus.
lbih smpurna

9. Yohanes Christian Cliquers - Juli 17, 2011

bingung mas bro hahaa

10. Selesaikan Proposal Program Riset ITB 2014 Batch II | Yoanes Bandung & Activities - Maret 10, 2014

[…] betapa pentingnya usulan tersebut untuk dilakukan. Demikian ditulis di dalam buku panduan. Ya, saya setuju sekali. Kira-kira pengetahuan yang pernah saya peroleh mengatakan betapa hebatnya riset yang akan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: